Hepatomegali adalah pembesaran organ hati melebihi ukuran normalnya. Kondisi ini bisa saja merupakan tanda dari penyakit serius, seperti gagal jantung kongestif atau penyakit liver. Penyebabnya pun beragam, mulai dari infeksi, hingga faktor idn live toto genetik. Normalnya, organ hati manusia memiliki berat sekitar 1,2–1,5 kg dengan ukuran lebar rata-rata 15 cm. Hepatomegali terjadi ketika organ hati mengalami pembesaran melebihi ukuran normal tersebut.

Penanganan Hepatomegali

Pengobatan hepatomegali akan disesuaikan dengan penyebab yang mendasarinya. Namun secara umum, pilihan pengobatan untuk hepatomegali adalah sebagai berikut:

Sementara itu, sejumlah perawatan atau pencegahan yang dapat dilakukan secara mandiri di rumah yang dapat membantu mendukung proses pemulihan penderita hepatomegali adalah sebagai berikut:

Pencegahan Hepatomegali

Beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya hepatomegali adalah sebagai berikut:

Tanda dan Gejala Hepatomegali

Pada beberapa kondisi, kondisi liver bengkak atau hepatomegali tidak menunjukkan gejala apa pun. Namun, jika pembengkakan tersebut disebabkan oleh penyakit liver, maka penderita akan merasakan sejumlah gejala, seperti:

Diagnosis Hepatomegali

Sebelum menegakkan diagnosis, dokter akan melakukan anamnesis atau wawancara medis terkait gejala, riwayat kesehatan, serta obat-obatan yang sedang dikonsumsi oleh pasien. Kemudian, dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik, seperti melihat ada atau tidaknya perubahan warna pada mata dan kulit serta pembengkakan pada perut. Jika pasien diduga mengalami hepatomegali, maka dokter akan merekomendasikan beberapa tes penunjang untuk membantu menegakkan diagnosis, seperti:

Komplikasi Hepatomegali

Apabila tidak segera mendapatkan pengobatan, beberapa komplikasi yang dapat disebabkan oleh hepatomegali adalah sebagai berikut:

Faktor Risiko Hepatomegali

Adapun beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya hepatomegali adalah sebagai berikut:

Penyebab Hepatomegali

Penyebab hepatomegali cukup beragam, mulai dari penyakit hati maupun gangguan pada organ lainnya. Adapun beberapa kondisi yang sering dikaitkan dengan penyebab hepatomegali adalah sebagai berikut:

Lascia un commento

Il tuo indirizzo email non sarà pubblicato. I campi obbligatori sono contrassegnati *